nur aliyah

NUR ALIYAH , DILAHIRKAN DI REMBANG, 19 APRIL 1972 ALAMAT : POMO RT 1 / RW 17 AMPEL WULUHAN JEMBER INSTANSI : MTSN 7 JEMBER JATIM KEPALA MADARSAH TETAP...

Selengkapnya
Navigasi Web
Tetesan Airmataku Saat Melihat Foto Ini

Tetesan Airmataku Saat Melihat Foto Ini

Tetesan Airmataku Saat Melihat Foto ini

# Tantangan Menulis Hari Ke -16#

Media Gurusiana

Menangis???

Iya menangis saat aku temukan digaleri Handphone Androidku...

Tes...tes..tes tak terasa airmataku menetes saat kubuka foto yang satu ini.

Foto apakah itu yang bisa membuat airmataku menetes?

Ya Allah...ternyata tak sengaja aku melihat sedang mendulang siswaku saat pembelajaran bidang studiku yaitu IPA.

Saya ingat betul karena peristiwa ini terjadi dijam terahirku mengajar yaitu jam ke - 7 dan ke - 8.

Saat itu anak - anak kelas 9 sedang ada kegiatan ujian praktek Prakarya yaitu menyajikan makanan yang temanya jajan pasar, dengan harapan para penguji makanan jajan pasar bisa melejit dan populer. Selain itu ada tujuan yang kedua agar anak - anak setelah terjun ke masyarakat ada keahlian yang dimilikinya , dan trampil skilnya untuk bisa mengolah dan memproduksi makanan jajan pasar dengan mahir.

Alhamdulillah meskipun saya tidak sebagai penguji namun saya juga dapat jatah diberi 2 piring oleh salah satu dewan guru sebagai panitia. Saya ucapkan ," Trimakasih Ibu indah, " kataku.

Karena saya lihat dimejaku sudah ada 2 piring kue jajan pasar.

Karena saya sudah makan siang waktu itu sudah menunjukkan pukul 12.30 , jadi agak kenyang.

Saya berpikir, aduh perut sudah kenyang nih, mau kuberikan siapa ya, agar jajanan ini memberi manfaat pada orang lain.

Muncul ideku,....Nah....bagaimana jika saya saya berikan anak - anak kals 7 E, dimana nanti saya jam terahir mengajar disana.

Taraa.....

Akhirnya aku pergi ke kelas 7 E ,setelah bel berbunyi untuk masuk kelas jam ke-7 dan 8.

Sambil membawa 2 piring kue jajan pasar dan buku perangkat mengajar saya menuju ke Kelas 7 E.

Sampai dikelas 7 E semua berteriak, " horeeeee aku mau bu guru," kompak mereka mengatakan itu.

Eits....sebentar yang dapat kue ini nanti apabila kalian bisa menjawab pertanyaan dari bu guru.

Karena setiap saya mengawali pembelajaran ,saya biasa memberikan beberapa pertanyaan sebagai pretest dari pelajaran yang kemarin, tujuan saya agar bisa mengingat materi kemarin dan bisa melanjutkan materi mau saya berikan.

Akhirnya anak - anak sangat gembira dan berusaha untuk menjawabnya, meskipun biasanya hanya beberapa siswa yang antusias menjawab. Lah ini beda semua ingin menjawabnya...

Heeee...apakah karena saya membawa kue ini?

Wow....kalau begini namanya penguatan dan reward deh meskipun hal kecil, yang bisa membuat mereka antusias.

Pertanyaan saya berikan akhirnya semua mengacungkan tangan untuk berlomba menjawabnya...dan saya harus adil dan sportif siapa yang angkat tangan duluan, itulah yang berhak menjawab.

Nah banyak siswa putra yang antusias juga dan jawabanya benar. Padahal biasanya suswa putra paling sulit dibanding perempuannya. Begitu seterusnya aku memberi kue dengan cara mendulang mereka yang berhasil menjawab.

Wah larees akhirnya makanan saya.

Dan ada kesan yang mendalam saat aku memberikan makanan itu, ada perasaan seorang ibu yang sedang mendulang anaknya, ada perasaan berbagi kepada mereka.

Dan aku lihat semua seperti mendapat sesuatu dari makanan itu, yang tentunya memang jam terahir waktunya perut keroncongan semua.

Mereka banyak yang uang sakunya sudah habis di jam istirahat pertama.

Ya Allah aku sangat bersyukur bisa berbagi dengan siswa.

Tak terasa setelah kejadian Covid 19, yang mengharuskan kita pembelajaran jarak jauh, ada perasaan kangen kepada mereka, apalagi saat ini sudah hampir 20 hari mereka belajar di rumah.

# Indahnya Berbagi#

# Hal kecil namun sangat berarti bagi mereka#

# Cepatlah berlalu corona , agar kami bisa bertatap muka lagi dengan mereka#

Salam Literasi

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Luar biasa bun, pengalaman yang menginspirasi

06 Apr
Balas

Matur bwn bunda esti ..siapa dulu motivatornya?

06 Apr

Indahnya berbagi kepada Siswa...

06 Apr
Balas



search

New Post